AJC 2018: Ikhsan Rumbay Melangkah ke Semifinal

Sabtu, 21 Juli 2018 06:59:44

 

Majalahbulutangkis.com- Pebulutangkis yunior tunggal putra andalan Indonesia, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay sukses merebut posisi ke semifinal Asia Junior Championships 2018 di Jaya Raya Sport Hall Training Center, Bintaro, Tangerang.

Ikhsan menjadi satu-satunya tunggal putra Indonesia yang masih tersisa setelah di perempat final Jumat (20/7) berhasil menyisihkan pemain andalan Malaysia, Tze Yong Ng, dua game langsung 21-14 dan 21-19.

Meski menang straight game, Ikhsan mengaku sempat tegang di lapangan. Ikhsan akhinya berhasil menaklukkan lawannya, setelah berlaga selama 50 menit.

“Kesulitan di lapangan saya karena tegang. Saya masih kepikiran tahun lalu, saya kalah di delapan besar karena cedera. Secara teknik lawan tidak terlalu bahaya, dia banyak bola turun, jarang smash,” ujar Ikhsan.

Selanjutnya di semifinal, Ikhsan akan berhadapan dengan Lakshya Sen, India. Keduanya tercatat belum pernah saling berhadapan. Meski tak diunggulkan, Ikhsan mengaku optimis untuk melaju ke final.

"Main nothing to lose aja, karena sama-sama belum tahu permainannya,” tutur Ikhsan.

Sayang dua tunggal putra lainnya tak berhasil merebut kemenangan. Christian Adinata kalah dari unggulan satu, Kunlavut Vitidsarn, Thailand. Sementara Alberto Alvin Yulianto kalah dari Tiongkok, Yupeng Bai, 15-21 dan 20-22.

“Game pertama permainan saya kebaca. Dia banyak nunggu kesalahan saya. Game kedua tempo main saya cepatkan terus, udah leading malah terburu-buru,” kata Alvin.

“Poin-poin kritis saya mati sendiri. Di game kedua sudah unggul 20-17, padahal lawan juga sudah capek. Saya nafsu pengen buru-buru matiin. Tapi malah out, nyangkut,” lanjut Alvin.

Sementara di ganda putri, dua pasangan Indonesia Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Febriana Dwipuji Kusuma/Ribka Sugiarto ke babak semifinal.

Kemenangan pertama diraih oleh Febriana/Ribka. Mereka mengalahkan pasangan Tiongkok, Guo Lizhi/Yijing Li, 21-13 dan 21-15. Sementara Agatha/Fadia menang dari Eun Seo Jang/Jung Hyun Lee, Korea, 21-19 dan 21-17.

“Game kedua kami ketinggalan, tapi kami main nothing to lose aja. Sempat degdegan juga sih takut kalah. Tapi kami main maksimal aja,” kata Agatha.

Selanjutnya di semifinal, Agatha/Fadia akan berhadapan dengan Pearly Koong Le Tan/Ee Wei Toh, Malaysia. Skor pertemuan sementara imbang 1-1. Terkahir di Shera-Roza BTY Junior International 2018, Agatha/Fadia kalah 13-21 dan 10-21.

“Lawan besok kami pernah menang, pernah kalah. Tapi nggak usah mikir menang kalah dulu, pengennya ngasih yang terbaik. Semoga kali ini bisa menang,” ujar Agatha.

Sementara itu, Febriana/Ribka akan ditantang unggulan satu asal Tiongkok, Liu Xuanxuan/Yuting Xia. “Besok harus fokus terus, main lebih enjoy dan siap aja di lapangan,” kata Febriana. (MB-01)