Air Mata di Perpisahan Lee Chong Wei

Jumat, 14 Juni 2019 08:06:40

 

Majalahbulutangkis.com- Pebulutangkis legendaris Malaysia, Lee Chong Wei tak kuasa menahan tetesan air mata saat mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia bulutangkis di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (13/6).

Pebulutangkis berusia 36 tahun ini akhirnya memutuskan gantung raket setelah selama setahun belakangan berjuang untuk mengobati penyakit kanker pada hidungnya.

Setelah menjalani operasi di Taiwan pada akhir 2018 lalu sesungguhnya kondisi Lee Chong Wei sudah jauh membaik. Bahkan, di awal 2019 ia sempat mengutarakan keinginannya untuk tampil kembali di All England 2019 yang digelar Maret lalu. Namun, rencana itu batal tanpa ada penjelasan resmi dari Lee Chong Wei.

"Ini adalah sebuah keputusan yang berat. Saya ambil keputusan ini setelah menjalani tes kesehatan terakhir. Saya katakan kepada isteri serta dokter yang merawat saya, semua kini sudah berakhir. Saya akan mengumumkannya setelah perayaan Hari Idul Fitri. Bulutangkis adalah hidup saya. Namun sekarang kesehatan adalah yang paling utama," ungkap Lee Chong Wei di depan awak media.

Ayah dua anak yang didampingi oleh isteri serta Menpora Malaysia, Syed Saddiq serta Presiden BAM Norza Zakaria, mengungkapkan sesungguhnya masih punya keinginan untuk mewujudkan impiannya merebut emas di Olimpiade Tokyo 2020. Namun, dokter menganjurkan Lee melupakan mimpinnya itu demi kesehatannya.

"Dokter menganjurkan saya agar mengurangi intensitas latihan. Setelah menjalani perawatan tahun lalu saya sudah mulai berlatih selama enam bulan. Namun, dokter bilang ada tekanan yang terlalu berlebih pada bahu saya. Dokter pun menyarankan agar saya tidak lagi meneruskan karir bulutangkis demi kesehatan saya," lanjut Lee Chong Wei.

Dalam sejarah bulutangkis era terbuka, Lee Chong Wei adalah salah satu pebulutangkis terhebat yang pernah lahir. Selama 19 tahun berkarir di bulutangkis ia sudah mengoleksi 2 medali perak Olimpiade, 3 perak Kejuaraan Dunia, 47 gelar Superseries, 2 gelar Kejuaraan Asia, serta 4 gelar All England. (MB-01)